Selamat Datang di web PRODI TADRIS MATEMATIKA - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

PRODI TADRIS MATEMATIKA

KURIKULUM

KURIKULUM PROGRAM STUDI MATEMATIKA
 
Profile Lulusan Prodi Tadris Matematika IAIN Kudus
 

PROFILE LULUSAN
RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI TADRIS MATEMATIKA
CIRI PRODI TADRIS MAT
GURU Matematika
1.   Mampu menguasai dan penerapkan pengetahuan dan teknologi terkait dengan proses pembelajaran Matematika serta dalam peningkatan mutu pembelajaran Matematika
2.   Mampu memcahkan permasalahan dan segala hambatan dalam proses pengajaran dan pembelajaran Matematika serta dapat beradaptasi dalam segala situasi yang dihadapi  dengan segala tindakan positif dan konstruktif dan berdasarkan atas kepentingan bersama.
3.   Mampu menciptakan suasana dan/atau kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran sebagai pemudah penguasaan peserta didik dalam belajar Matematika.
4.   Mampu mendisain proses pembelajaran dan penguasaan media dan teknik-teknik adaptif dalam pengajaran Matematika, teknologi dalam pembelajaran
5.   Mampu menguasai konsep dan prinsip bidang inti pengajaran Matematika: aljabar, statistika, analisis, dan geometri.
6.   Mampu memecahkan permasalahan pengajaran dan pembelajaran Matematika secara baik melalui berbagai tindakan konstruktif dan serta kolaboratif dalam tim dan/atau teman sejawat.
7.   Mampu mereumuskan berbagai dan ragam perencanaan pembelajaran dalam bahasa inggris pada setiap tingkat satuan sekolah/madrasah, dan dapat mendesain berbagai permasalahan dalam metodologi pengajaaran yang adaptif.
8.   Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya  di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pengajaran dan pembelajaran dalam Matematika
9.   Mampu mendesain perangkat pembelajaran. serta dalam rangka penciptaan langkah-langkah pengembangan strategis pengajaran dan/atau pembelajaran (menyiapkan perencanaan pembelajaran, memilih teknik pengajaran yang adaptif dan kreatif, mendisain instrument sebagai evaluasi keberhasilan siswa(i), dapat memeberikan penilain yang objektif dan jujur) dalam pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan dan dinamis.
1.      Memiliki kepribadian dengan menjunjung tinggi tata nilai dan moral, berjiwa nasionalisme, dalam membina hubungan yang bermartabat dan berwawasan lingkungan,
2.      Mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja sama dalam tim work lintas disiplin ilmu, Memiliki kepekaan budaya.
ENTERPRENUER
1.   Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship), kemandirian dalam berkarya, memiliki sifat leadership yang comprehensif
2.   Mengoptimalisasikan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan persoalan teoritikal dan praktikal, dalam pengembangan profesi dan usaha mandiri dalam memanajemen lembaga pendidikan.
3.   Kreatif dalam memunculkan ide yang inovatif, mampu   mengembangkan mengaplikasikan karya, kepemimpinan, kemandirian, dan dapat bekerja sama dengan baik dalam tim.
 
 
 
Bahan Kajian (Kelompok Bidang Ilmu)
Kurikulum inti Program Studi Tadris Matematika terdiri dari 3 kelompok bidang ilmu sebagai berikut:
  1. Analisis
  2. Aljabar
  3. Statistika
  4. Geometri
Berikut ini struktur kurikulum Program Studi Tadris Matematika.
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
01-STAMPKTMT
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
2
2
02-STAMPKTMT
Bahasa Indonesia
2
3
03-STAMPKTMT
Bahasa Arab I (Qowaid)
2
4
04-STAMPKTMT
Praktik Bahasa Arab
2
5
11-TMTMKKTMT
Logika Matematika dan Himpunan
2
6
04-STAMPKTMT
Bahasa Arab 2
2
7
07-STAMPKTMT
IAD, ISD, IBD
2
8
22-STAMKKTMT
Filsafat
2
9
23-TMTMKKTMT
Ulumul Qur’an
2
10
27-STAMKKTMT
Ilmu Tauhid
2
11
05-STAMPKTMT
Bahasa Inggris I
2
12
06-STAMPKTMT
Bahasa Inggris II
2
13
02-STAMPBTMT
Praktik Bahasa Inggris
2
14
01-TMTMKKTMT
Kalkulus 1
2
15
03-TMTMKKTMT
Geometri Analitik
3
16
14-TMTMKKTMT
Statistika Matematika I
2
17
05-TMTMKKTMT
Aljabar linear 1
2
18
20-TMTMKKTMT
Ilmu Pengetahuan Alam Dasar
2
19
24-TMTMKKTMT
Ulumul Hadist
2
20
25-STAMKKTMT
Fiqih
2
21
13-TMTMKKTMT
Persamaan Differensial
2
22
04-TMTMKKTMT
Geometri Ruang
3
23
10-TMTMKKTMT
Trigonometri
3
24
01-TMTMKBTMT
Kapita Selekta Matematika
3
25
07-TMTMKBTMT
Strategi Pembelajaran Matematika
2
26
12-TARMKBTMT
Manajemen Pendidikan
2
27
28-STAMKKTMT
Sejarah Peradaban Islam
2
28
09-STAMKBTMT
Tahfidz
2
29
21-TARMKKTMT
Psikologi Pendidikan
2
30
12-STAMKKPBI
Ilmu Tasawuf
2
31
03-TMTMKBTMT
Evaluasi Pembelajaran Matematika
2
32
16-TMTMKKTMT
Teori Bilangan
3
33
11-TARMKBTMT
Statistik Diskriptif dan Inferensial
3
34
05-TMTMKKTMT
Analisis Real I
2
35
18-TMTMKKTMT
Struktur Aljabar 1
3
36
13-TARMKBTMT
Profesi Keguruan
2
37
03-STAMPBTMT
Praktik Ibadah
2
38
35-TARMKKTMT
Ilmu Pendidikan
2
39
29-STAMKKTMT
Hadist
2
40
32-TARMKKTMT
Psikologi Islam
2
41
04-STAMPBPBI
Praktik Kerja Lapangan (PKL)
3
42
36-TARMKKTMT
Ilmu Pendidikan Islam
2
43
06-TMTMKKTMT
Aljabar Linear 2
3
44
17-TMTMKKTMT
Matematika Diskrit
2
45
15-TMTMKKTMT
Statistika Matematika 2
3
46
33-TARMKKTMT
Metodologi Penelitian Kualitatif
2
47
05- TMTMKBTMT
Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer
2
48
31-STAMKKTMT
Metodologi Studi Islam
2
49
04-TMTMKBTMT
Kurikulum dan Pembelajaran Matematika
2
50
08-TMTMKBTMT
Matematika Ekonomi
2
51
05-TARMPBPBI
Praktik Micro Teaching
3
52
08- TMTMKKTMT
Analisis Riil 2
2
53
09- TMTMKKTMT
Program Linier
2
54
19- TMTMKKTMT
Struktur aljabar 2
2
55
30-STAMKKTMT
Tafsir
2
56
08-STAMPKTMT
Logika
2
57
02- TMTMKKTMT
Kalkulus 2
3
58
34-TARMKKTMT
Metodologi Penelitian Kuantitatif
2
59
06-TMTMKBTMT
Perencanaan pembelajaran Matematika
2
60
10-TARMKBTMT
Bimbingan Konseling
2
61
02-TMTMKBTMT
Psikologi Belajar Matematika
2
62
06-STAMPBPBI
Praktik Profesi Lapangan (PPL)
4
63
26-TARMKBPBI
Penulisan Karya Tulis Ilmiah
2
64
12-TMTMKKTMT
Metode Numerik
3
65
17- TMTMKBTMT
Pendidikan dan pengembangan masyarakat islam
2*
66
18- TMTMKBTMT
Keterpaduan islam dan sains
2*
67
19-TMTMKBTMT
Matematika zakat
2*
68
01-STAMBBTMT
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
4
69
02-STAMBBTMT
Skripsi
6
 
Hubungi Kami
support_agent
perm_phone_msg
mail_outline
language
help_outline