KURIKULUM
KURIKULUM PROGRAM STUDI MATEMATIKA
Profile Lulusan Prodi Tadris Matematika IAIN Kudus
PROFILE LULUSAN |
RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI TADRIS MATEMATIKA |
CIRI PRODI TADRIS MAT |
GURU Matematika |
1. Mampu menguasai dan penerapkan pengetahuan dan teknologi terkait dengan proses pembelajaran Matematika serta dalam peningkatan mutu pembelajaran Matematika 2. Mampu memcahkan permasalahan dan segala hambatan dalam proses pengajaran dan pembelajaran Matematika serta dapat beradaptasi dalam segala situasi yang dihadapi dengan segala tindakan positif dan konstruktif dan berdasarkan atas kepentingan bersama. 3. Mampu menciptakan suasana dan/atau kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran sebagai pemudah penguasaan peserta didik dalam belajar Matematika. 4. Mampu mendisain proses pembelajaran dan penguasaan media dan teknik-teknik adaptif dalam pengajaran Matematika, teknologi dalam pembelajaran 5. Mampu menguasai konsep dan prinsip bidang inti pengajaran Matematika: aljabar, statistika, analisis, dan geometri. 6. Mampu memecahkan permasalahan pengajaran dan pembelajaran Matematika secara baik melalui berbagai tindakan konstruktif dan serta kolaboratif dalam tim dan/atau teman sejawat. 7. Mampu mereumuskan berbagai dan ragam perencanaan pembelajaran dalam bahasa inggris pada setiap tingkat satuan sekolah/madrasah, dan dapat mendesain berbagai permasalahan dalam metodologi pengajaaran yang adaptif. 8. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pengajaran dan pembelajaran dalam Matematika 9. Mampu mendesain perangkat pembelajaran. serta dalam rangka penciptaan langkah-langkah pengembangan strategis pengajaran dan/atau pembelajaran (menyiapkan perencanaan pembelajaran, memilih teknik pengajaran yang adaptif dan kreatif, mendisain instrument sebagai evaluasi keberhasilan siswa(i), dapat memeberikan penilain yang objektif dan jujur) dalam pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan dan dinamis. |
1. Memiliki kepribadian dengan menjunjung tinggi tata nilai dan moral, berjiwa nasionalisme, dalam membina hubungan yang bermartabat dan berwawasan lingkungan, 2. Mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja sama dalam tim work lintas disiplin ilmu, Memiliki kepekaan budaya. |
ENTERPRENUER |
1. Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship), kemandirian dalam berkarya, memiliki sifat leadership yang comprehensif 2. Mengoptimalisasikan teknologi dan informasi dalam menyelesaikan persoalan teoritikal dan praktikal, dalam pengembangan profesi dan usaha mandiri dalam memanajemen lembaga pendidikan. 3. Kreatif dalam memunculkan ide yang inovatif, mampu mengembangkan mengaplikasikan karya, kepemimpinan, kemandirian, dan dapat bekerja sama dengan baik dalam tim. |
|
Bahan Kajian (Kelompok Bidang Ilmu)
Kurikulum inti Program Studi Tadris Matematika terdiri dari 3 kelompok bidang ilmu sebagai berikut:
- Analisis
- Aljabar
- Statistika
- Geometri
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
01-STAMPKTMT |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
2 |
2 |
02-STAMPKTMT |
Bahasa Indonesia |
2 |
3 |
03-STAMPKTMT |
Bahasa Arab I (Qowaid) |
2 |
4 |
04-STAMPKTMT |
Praktik Bahasa Arab |
2 |
5 |
11-TMTMKKTMT |
Logika Matematika dan Himpunan |
2 |
6 |
04-STAMPKTMT |
Bahasa Arab 2 |
2 |
7 |
07-STAMPKTMT |
IAD, ISD, IBD |
2 |
8 |
22-STAMKKTMT |
Filsafat |
2 |
9 |
23-TMTMKKTMT |
Ulumul Qur’an |
2 |
10 |
27-STAMKKTMT |
Ilmu Tauhid |
2 |
11 |
05-STAMPKTMT |
Bahasa Inggris I |
2 |
12 |
06-STAMPKTMT |
Bahasa Inggris II |
2 |
13 |
02-STAMPBTMT |
Praktik Bahasa Inggris |
2 |
14 |
01-TMTMKKTMT |
Kalkulus 1 |
2 |
15 |
03-TMTMKKTMT |
Geometri Analitik |
3 |
16 |
14-TMTMKKTMT |
Statistika Matematika I |
2 |
17 |
05-TMTMKKTMT |
Aljabar linear 1 |
2 |
18 |
20-TMTMKKTMT |
Ilmu Pengetahuan Alam Dasar |
2 |
19 |
24-TMTMKKTMT |
Ulumul Hadist |
2 |
20 |
25-STAMKKTMT |
Fiqih |
2 |
21 |
13-TMTMKKTMT |
Persamaan Differensial |
2 |
22 |
04-TMTMKKTMT |
Geometri Ruang |
3 |
23 |
10-TMTMKKTMT |
Trigonometri |
3 |
24 |
01-TMTMKBTMT |
Kapita Selekta Matematika |
3 |
25 |
07-TMTMKBTMT |
Strategi Pembelajaran Matematika |
2 |
26 |
12-TARMKBTMT |
Manajemen Pendidikan |
2 |
27 |
28-STAMKKTMT |
Sejarah Peradaban Islam |
2 |
28 |
09-STAMKBTMT |
Tahfidz |
2 |
29 |
21-TARMKKTMT |
Psikologi Pendidikan |
2 |
30 |
12-STAMKKPBI |
Ilmu Tasawuf |
2 |
31 |
03-TMTMKBTMT |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
2 |
32 |
16-TMTMKKTMT |
Teori Bilangan |
3 |
33 |
11-TARMKBTMT |
Statistik Diskriptif dan Inferensial |
3 |
34 |
05-TMTMKKTMT |
Analisis Real I |
2 |
35 |
18-TMTMKKTMT |
Struktur Aljabar 1 |
3 |
36 |
13-TARMKBTMT |
Profesi Keguruan |
2 |
37 |
03-STAMPBTMT |
Praktik Ibadah |
2 |
38 |
35-TARMKKTMT |
Ilmu Pendidikan |
2 |
39 |
29-STAMKKTMT |
Hadist |
2 |
40 |
32-TARMKKTMT |
Psikologi Islam |
2 |
41 |
04-STAMPBPBI |
Praktik Kerja Lapangan (PKL) |
3 |
42 |
36-TARMKKTMT |
Ilmu Pendidikan Islam |
2 |
43 |
06-TMTMKKTMT |
Aljabar Linear 2 |
3 |
44 |
17-TMTMKKTMT |
Matematika Diskrit |
2 |
45 |
15-TMTMKKTMT |
Statistika Matematika 2 |
3 |
46 |
33-TARMKKTMT |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
2 |
47 |
05- TMTMKBTMT |
Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer |
2 |
48 |
31-STAMKKTMT |
Metodologi Studi Islam |
2 |
49 |
04-TMTMKBTMT |
Kurikulum dan Pembelajaran Matematika |
2 |
50 |
08-TMTMKBTMT |
Matematika Ekonomi |
2 |
51 |
05-TARMPBPBI |
Praktik Micro Teaching |
3 |
52 |
08- TMTMKKTMT |
Analisis Riil 2 |
2 |
53 |
09- TMTMKKTMT |
Program Linier |
2 |
54 |
19- TMTMKKTMT |
Struktur aljabar 2 |
2 |
55 |
30-STAMKKTMT |
Tafsir |
2 |
56 |
08-STAMPKTMT |
Logika |
2 |
57 |
02- TMTMKKTMT |
Kalkulus 2 |
3 |
58 |
34-TARMKKTMT |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
2 |
59 |
06-TMTMKBTMT |
Perencanaan pembelajaran Matematika |
2 |
60 |
10-TARMKBTMT |
Bimbingan Konseling |
2 |
61 |
02-TMTMKBTMT |
Psikologi Belajar Matematika |
2 |
62 |
06-STAMPBPBI |
Praktik Profesi Lapangan (PPL) |
4 |
63 |
26-TARMKBPBI |
Penulisan Karya Tulis Ilmiah |
2 |
64 |
12-TMTMKKTMT |
Metode Numerik |
3 |
65 |
17- TMTMKBTMT |
Pendidikan dan pengembangan masyarakat islam |
2* |
66 |
18- TMTMKBTMT |
Keterpaduan islam dan sains |
2* |
67 |
19-TMTMKBTMT |
Matematika zakat |
2* |
68 |
01-STAMBBTMT |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
4 |
69 |
02-STAMBBTMT |
Skripsi |
6 |